UJIAN MUNAQOSYAH TINGKATAN II AT TARTIL – Mengaji Kelas Privat Dewasa dan Orang tua

DI ANTARA HIKMAH SEDEKAH - GERAKAN SAHABAT DHUAFA
DI ANTARA HIKMAH SEDEKAH – GERAKAN SAHABAT DHUAFA
January 12, 2019
KAJIAN RUTIN JUM'AT BERKAH - Kajian Internal BATUBELING ALMAAS
KAJIAN RUTIN JUM’AT BERKAH – Kajian Internal BATUBELING ALMAAS
January 26, 2019
UJIAN MUNAQOSYAH TINGKATAN II AT TARTIL

UJIAN MUNAQOSYAH TINGKATAN II AT TARTIL – Mengaji Kelas Privat Dewasa dan Orang tua

Alhamdulillah, telah berjalan dengan lancar Ujian Munaqosyah Tingkatan II AT TARTIL oleh akhi Umam,
Semoga mendapatkan hasil yang baik, semoga diberi keberkahan atas ilmu yang telah ditempuh selama kurang lebih 6 bulan untuk tingkatan I & II. Jangan lupa untuk selalu mengamalkan ilmu yang telah didapat karena jika ilmu tidak membuahkan amal maka jadilah tercela dan akan menyerang pemiliknya. Hal ini dijelaskan dengan tegas oleh Al-Imam Asy-Syathibi dalam kitabnya yang luar biasa Al-Muwafaqat. Beliau berkata:

UJIAN MUNAQOSYAH TINGKATAN II AT TARTIL

“Semua ilmu yang tidak membuahkan amal maka tidak dalam syariat satu dalil pun yang menunjukkan akan baiknya ilmu tersebut.”
(Al-Muwafaqat 1/74)

Oleh karena itu, semua dalil yang berkaitan dengan keutamaan ilmu dan penuntut ilmu semuanya harus dibawakan kepada ilmu yang disertai dengan amal.

Begitu pula, perkataan Imam Ahlus Sunnah di masanya Ahmad bin Hanbal rahimahullahyang sangat terkenal, “Umat manusia sangat membutuhkan ilmu jauh lebih banyak daripada kebutuhan mereka terhadap makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman dibutuhkan dalam sehari cukup sekali atau dua kali. Adapun ilmu, maka ia dibutuhkan sebanyak hembusan nafas.” (lihat al-’Ilmu, fadhluhu wa syarafuhu, tahqiq Syaikh Ali al-Halabi hafizhahullah).

Tujuan ilmu adalah amal, sebagaimana tujuan amal adalah keselamatan. Jika ilmu kosong dari amal maka ilmu itu akan menjadi beban (bumerang) bagi pemiliknya. Kita berlindung kepada Allah dari ilmu yang menjadi beban (bumerang) dan mendatangkan kehinaan, dan akhirnya menjadi belenggu di leher pemiliknya.

Barakallahufiikunna

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CS 1
CS 2