Almaas Griya Insani Muslim Surabaya Dakwah Sosial
Peristiwa Maha Dahsyat – Isra’ Mi’raj – Kisah dan Hikmah
May 12, 2019
Almaas Griya Insani Muslim Surabaya Dakwah Sosial
Almaas – Musholla Q
August 15, 2019

INDAHNYA BER 'QURBAN'

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabrakatuh
Bismillaahirrohmaanirrohiim

Qurban dalam Islam disebut dengan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Dalil Disyari’atkannya Qurban
Allah SWT telah mensyariatkan qurban dengan firman-Nya, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (Al-Kautsar: 1 — 3).

Keutamaan Ibadah Qurban
Dari Aisyah ra, Nabi saw bersabda, “Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya qurban yang lebih dicintai Allah SWT daripada menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR Tirmidzi).

Hukum Berkurban
Ibadah qurban hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan). Bagi orang yang mampu melakukannya lalu ia meninggalkan hal itu, maka ia dihukumi makruh. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dan imam Muslim bahwa Nabi SAW pernah berqurban dengan dua kambing kibasy yang sama-sama berwarna putih kehitam-hitaman dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelih qurban tersebut, dan membacakan nama Allah serta bertakbir (waktu memotongnya).

Dari Ummu Salamah RA, Nabi SAW bersabda, “Dan jika kalian telah melihat hilal (tanggal) masuknya bulan Dzul Hijjah, dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia membiarkan rambut dan kukunya”. (HR. Muslim), menurut pendapat ini arti sabda Nabi saw, ”ingin berkorban” adalah dalil bahwa ibadah kurban ini sunnah.

Hikmah Kurban
Ibadah kurban disyariatkan Allah untuk mengenang Sejarah Idul Adha sendiri yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW yakni “Hari-hari itu tidak lain adalah hari-hari untuk makan dan minum serta berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla”.

Syarat Qurban

Binatang yang Diperbolehkan untuk Qurban
Binatang yang boleh untuk qurban adalah onta, sapi (kerbau) dan kambing. Allah SWT berfirman, “supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dianugerahkan Allah kepada mereka.” (Al-Hajj: 34).

Hukum Patungan Qurban

“Kami berqurban bersama Nabi SAW di Hudaibiyah, satu unta untuk tujuh orang, satu sapi untuk tujuh orang.”  (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidz).

Dalam hadits lain : “Kami pernah berpergian bersama Rasulullah SAW, kebetulan di tengah perjalanan hari raya Idul Adha (yaumun nahr) datang. Akhirnya, kami patungan membeli sapi sebanyak tujuh orang untuk diqurbankan.” (HR. Al-Hakim).

Sahabat Jabir bin ‘Abdullah juga pernah mengisahkan: “Kami pernah ikut haji tamattu’ (mendahulukan ‘umrah daripada haji) bersama Rasulullah SAW, lalu kami menyembelih sapi dari hasil patungan sebanyak tujuh orang.” (HR. Muslim).

Menurut imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ yang artinya:
“Dibolehkan patungan sebanyak tujuh orang untuk qurban unta atau sapi, baik keseluruhannya bagian dari keluarga maupun orang lain.”

Berqurban dengan cara patungan (iuran) diperbolehkan oleh syariat—asal memenuhi syarat yang sudah ditetapkan sebagai berikut:
1. Domba untuk 1 orang
2. Kambing untuk 1 orang
3. Sapi untuk 7 orang
4. Kerbau untuk 7 orang
5. Unta untuk 7 orang

Jika jumlah peserta patungan melebihi syarat (misalnya 1 ekor sapi untuk 10 orang), maka kegiatan tersebut tidak bisa disebut qurban, melainkan sedekah. Wallahu a’lam.

Jazakumullahu ahsanal jazaa’
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

ALMAAS
ALMAAS
Griya Insani Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CS 1
CS 2
DAFTAR ONLINE
1
DAFTAR ONLINE
Assalaamu'alaikum
Saya ingin daftar mengaji dengan biodata saya sebagai berikut :
Nama Lengkap :
Nama Panggilan :
Jenis Kelamin :
Tempat, Tanggal Lahir :
Usia :
Alamat Rumah :
Pendidikan Terakhir :
Pekerjaan :
No.Whatsapp :