Hari Santri Nasional 2020

Sedekah – Beras Sahabat Dhuafa
October 10, 2020

CINTA NEGERI SENDIRI DAN KARAKTER SANTRI, MENJAWAB PERSOALAN NEGERI

CINTA NEGERI SENDIRI DAN KARAKTER SANTRI, MENJAWAB PERSOALAN NEGERI

Peringatan Hari Santri Nasional setiap tanggal 22 Oktober menjadi momentum bagi kita semua untuk menggali kembali makna dan nilai dari pesantren. Dalam arti, peringatan Hari Santri Nasional jangan sampai berhenti pada hal-hal yang bersifat seremonial-formal seperti upacara, kirab, dsb, sebagai santri sangat menghormati dan menghargai perjuangan para ulama dan santri di masa lalu mulai dari perjuangan kemerdekaan republik ini, hingga pembangunan negeri sampai sekarang.

Hari Santri Nasional (HSN) tahun ini rasanya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sampai hari ini gema HSN belum terasa, salah satu alasannya mungkin karena wabah Covid-19 yang belum sepenuhnya hilang dari muka bumi, sehingga menghindari kerumunan menjadi pilihan utama demi menjaga kesehatan sekaligus mencegah penyebaran Covid-19. Meskipun HSN penting, tetapi menjaga kesehatan dan keselamatan lebih penting. Lebih dari itu, peringatan Hari Santri Nasional harus bisa dijadikan untuk berefleksi dan belajar, terutama tentang sejarah, nilai-nilai, dan spirit kaum pesantren.

Menggali nilai, makna, dan spirit dari kaum santri akan membawa kita pada banyak hal, terutama tentang tradisi keilmuan yang kuat, nasionalisme, hingga nilai-nilai gotong-royong dan persaudaraan. Nilai-nilai tersebut tergambar baik dari sejarah perjuangan para ulama, kiai, dan santri di masa penjajahan, juga dari karakter kehidupan di pesantren yang dijalani para santri dalam keseharian. Jika kita resapi dalam konteks yang lebih luas, nilai-nilai tersebut sebenarnya merupakan nilai-nilai penting yang harus terus dirawat untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan bangsa dewasa ini.

Persoalan bangsa saat ini seperti berkembangnya paham radikal, menipisnya semangat kebangsaan, hingga menguatnya gejala intoleransi dan mudahnya terjadi pertikaian di masyarakat yang terjadi belakangan, merupakan masalah-masalah penting yang harus segera mendapat perhatian dan diatasi. Di titik inilah, peringatan Hari Santri Nasional sebagai momentum eksistensi kaum santri dan penegasan spirit kebangsaan kaum pesantren, lewat segala karakteristik dan tradisi pesantren yang dibawanya, membawa inspirasi, semangat, dan teladan bagi kita semua untuk ditransformasikan demi menjawab berbagai persoalan tersebut.

Published by :

ALMAAS
Griya Insani Muslim
Bimbingan Tahfidz Dan Baca Al-Qur’an Dewasa & Anak
Gerakan Sahabat Dhuafa
[email protected]
082124977745

ALMAAS
ALMAAS
Griya Insani Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CS 1
CS 2
DAFTAR ONLINE
1
DAFTAR ONLINE
Assalaamu'alaikum
Saya ingin daftar mengaji dengan biodata saya sebagai berikut :
Nama Lengkap :
Nama Panggilan :
Jenis Kelamin :
Tempat, Tanggal Lahir :
Usia :
Alamat Rumah :
Pendidikan Terakhir :
Pekerjaan :
No.Whatsapp :